Selama ini Erajaya dikenal sebagai toko ritel untuk gaya hidup dan teknologi terbesar di Indonesia. Namun, seiring perubahan kebutuhan konsumen, Erajaya kini serius mengembangkan kanal penjualan online-nya. Bahkan untuk mengantisipasi perubahan perilaku konsumen yang cepat, Erajaya kini mengembangkan solusi Generative AI untuk meningkatkan customer engagement, rekomendasi produk yang lebih personal, dan juga efisiensi.
Untuk mencapai itu, Erajaya mengintegrasikan Dialogflow di kanal penjualan mereka. Dialogflow sendiri adalah chatbot GenAI berbasis NLP (Natural Language Processing) buatan Google. Chatbot ini diharapkan memudahkan pelanggan melakukan transaksi sederhana secara cepat dan akurat. Selain itu, Erajaya juga menggunakan teknologi Google lainnya, yaitu Vertex AI, untuk pencarian semantik (semantic search). Vertex AI diharapkan dapat menghadirkan hasil pencarian produk yang lebih relevan berdasarkan keyword yang dimasukkan pelanggan.
“Kolaborasi dengan Devoteam dan Google Cloud sukses membantu kami mengatasi tantangan dalam melakukan transformasi digital. Integrasi data ini sukses merevolusi strategi pemasaran dan efisiensi operasional kami,” ujar Rhapsody Budiono (Head of Technology Erajaya). Tidak cuma itu, pemanfaatan Dialogflow pun mendorong Erajaya melakukan peningkatan yang berkelanjutan. Hal ini tidak lepas dari kemampuan teknologi NLP yang secara otomatis terus memperbaiki diri seiring perjalanan waktu, yang berujung pada peningkatan kepuasan pelanggan.