Pernah ketinggalan pesawat karena jadwal penerbangan diubah tiba-tiba?
Bagi online travel agent seperti tiket.com, perubahan jadwal pesawat adalah masalah yang merepotkan. Pemberitahuan biasanya datang via email, sementara jadwal di sistem tidak berubah.
Alhasil, tim customer service Tiket.com memiliki tugas tambahan. Mereka harus mengubah jadwal di sistem berdasarkan email yang masuk, supaya penumpang mendapatkan perubahan jadwal terkini.
Namun, itu dulu. Saat ini, tiket.com menggunakan Generative AI untuk melakukan proses tersebut. Setiap email dianalisis oleh GenAI, yang kemudian melakukan perubahan di sistem. Semua itu terjadi secara otomatis tanpa melibatkan orang lagi.
Itulah satu dari banyak inisiatif AI yang dijalankan tiket.com. Simak penuturan Irvan Bastian Arief (VP of Data Science Tiket.com) tentang kunci keberhasilan tiket.com memanfaatkan AI.
Termasuk, mengapa ia menganalogikan AI seperti nasi goreng.